Conglomerate Diversification
Conglomerate Diversification; Ketika suatu
perusahaan menambah suatu produk atau layanan baru yang tidak terkait/
berhubungan dengan yang sekarang ada, maka strategi tersebut disebut sebagai diversifikasi
konglomerat. dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan melalui
aktivitas memecah perusahaan yang telah dibeli atau menjual kembali salah satu
atau lebih devisinya.
Siklus Hidup Produk (Product Life
Cycle)
Siklus hidup produk merupakan konsep penting
yang memberikan pemahaman tentang dinamika kompetitif suatu program yang dihasilkan
dan ditawarkan oleh lembaga kursus dan pelatihan.
Siklus
Hidup Produk (Product Life Cycle) ini yaitu suatu grafik yang menggambarkan
riwayat produk sejak diperkenalkan ke pasar sampai dengan ditarik dari pasar .
Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) ini merupakan konsep yang penting
dalam pemasaran karena memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika
bersaing suatu produk.
Kegunaan
dari siklus hidup produk ( Product Life Cycle) yaitu
A. Tahap
perkenalan (introduction); pada tahap ini, barang mulai dipasarkan dalam jumlah
yang besar walaupun volume penjualannya belum tinggi.
B. Tahap pertumbuhan
(growth); Dalam tahap pertumbuhan ini, penjualan dan laba akan meningkat dengan
cepat.
C. Tahap kedewasaan
(maturity); Pada tahap kedewasaan ini kita dapat melihat bahwa penjualan masih
meningkat dan pada tahap berikutnya tetap.
D. Tahap kemunduran
(decline); Hampir semua jenis barang yang dihasilkan oleh perusahaan selalu
mengalami kekunoan atau keusangan dan harus di ganti dengan barang yang baru.
Hubungan Product Life Cycle dengan Profit Perusahaan
Pandangan Wilson yang mengungkapkan
hubungan sederhana faktor-faktor yang
membentuk profit suatu perusahaan tersebut
memberi dorongan
yang kuat kepada perusahaan untuk melakukan
pengembangan produk, serta menggarisbawahi pentingnya suatu produk
untuk menunjang terbentuknya profit perusahaan
dan menghubungkan
tujuan Riset dan Pengembangan
untuk
secara terus menerus melakukan pengembangan produk. Menurut Wilson (1983:450), suatu produk baru bukan berarti produk
yang benar-benar baru yang
menggantikan produk lama di pasaran
tetapi bisa juga merupakan produk lama yang dimodifikasi, dikembangkan
sesuai dengan kebutuhan konsumen. Philip Kotler (1994:
316)
menyatakan bahwa, “ New products for our purposes will include original products, improved products, modified products and new brands that the firm develops through its own R&D effort. We will also be concerned with whether consumers see them asnew'."
Growth
market share matrix
Jawaban:
Growth Share Matrix memiliki
4 sel yg menggambarkan 4 kombinasi yg memungkinkan dari tinggi rendahnya
pertumbuhan & pangsa pasar yg terdiri dari:
- Question Marks. Strategi mengembangkan pangsa
pasar, strategi divest, strategi harvest.
- Stars
- Cash Cow: Strategi mempertahankan pangsa
pasar.
- Dogs .Strategi divest,
strategi harvest.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar